NU Art

Nu Art Studio, Ciwaruga Parongpong Kabupaten Bandung Barat
Superb
Minutes to visit

Popular Place Info

Name :   NU Art
Category : Kawasan Wisata
Ticket Price : Rp 50.000,00
Location : Nu Art Studio, Ciwaruga Parongpong Kabupaten Bandung Barat
Wi-Fi : Tidak Ada
Operational Hours : Minggu-Kamis 09:00-17:00
Jumat-Sabtu 09.00-21.00
Hari Jum'at dan Hari Libur Nasional TUTUP

Visitors : Semua Umur

General info


NU Art

Siapa yang tidak familiar dengan patung Garuda Wisuda Kencana? Patung Hindu tersebut merupakan salah satu mahakarya seniman asal Bali, Nyoman Nuarta. Namun tahukah jika Kota Bandung menjadi tempat proses pembuatan patung GWK? Ya, NuArt menjadi saksi dimana rangkaian patung raksasa setinggi 126cm itu dibuat. Galeri ini merupakan salah satu galeri seni milik Nyoman Nuarta, seniman patung lulusan  FSRD Institut Teknologi Bandung. Ciri khasnya sebagai seniman terlihat dari media yang sering beliau manfaatkan untuk membuat karya, yaitu Copper (tembaga) dan Brass (kuningan).

Galeri yang berdiri diatas lahan seluas tiga hektar ini menampilkan 117 hasil karya hebat sang seniman Nyoman Nuarta. Selain terkenal dengan patung GWK, beberapa mahakarya lain dari beliau diantaranya Patung Proklamasi (Jakarta), Jalesveva Jayamahe (Surabaya) dan Patung Garuda (Bandara Soekarno-Hatta). Miniatur dari patung-patung tersebut pun ikut dipamerkan dalam Nu Art Sculpture Park.

Saat masuk ke kawasan galeri, pemandangan pertama yang akan dilihat adalah patung-patung unik nan indah. Patung tersebut dihadirkan di halaman luar kawasan galeri NuArt. Dari halaman luar, kita bisa langsung melihat 2 area bagian galeri, yaitu Museum Nuarta dan Galeri Teras. Diresmikan pada tanggal 17 Maret 2016, Museum Nuarta merupakan museum dua lantai yang menghadirkan patung-patung hasil karya Nyoman Nuarta mulai dari awal karir sampai karya terbarunya. Pengunjung akan terkagum dan menikmati setiap keindahan patung yang memiliki sejuta makna. Dalam museum ini ada salah satu patung favorit pengunjung yang sering dijadikan spot untuk  berfoto, yaitu patung La Madame.

Area selanjutnya adalah Galeri Teras. Galeri satu lantai ini dijadikan sebagai tempat pameran untuk para seniman lainnya. Galeri Teras dibuka jika sedang diadakan pameran seni tertentu. Setelah itu ada kawasan outdoor yang berada tepat di belakang Museum Nuarta. Kawasan ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan teater. Apabila tidak diadakan pertunjukan apapun, pengunjung bisa duduk bersantai di kawasan ini sambil menikmati teduhnya pohon-pohon rindang dan suasana alam Nu Art Sculpture Park.

Tidak hanya sebagai tempat untuk menampilkan karya seni saja, galeri ini juga menawarkan beberapa kegiatan (short course) yang bisa dilakukan oleh pengunjung khususnya anak ataupun pelajar, diantaranya Clay Act, Melukis Topeng Kertas dan Cutting Board.

Setelah puas mengelilingi area Nu Art, ada sebuah resto yang bisa dikunjungi, yaitu Laksmi Resto. Mulai dari harga Rp 35.000, pengunjung dapat menikmati hidangan ala Bali dari restoran ini. Selain restoran, ada juga Copper & Brass Cafe. Cafe ini menawarkan menu minuman seperti kopi, teh dan coklat mulai dari Rp 20.000. Ingin membeli souvenir atau cindera mata? Ada Craft Boutique yang menjual berbagai macam kerajinan tangan asli Indonesia, seperti kain batik, perhiasan, tas, dll. 

*****

Setiap bulannya, Nu Art Sculpture Park bisa dikunjungi sekitar 100-250 orang saat low season. Sedangkan pada high season atau musim libur, jumlah pengunjung bisa mencapai 350-600. Tertarik untuk berkunjung? Jangan lupa sediakan budget untuk tiket masuknya ya! Tarif yang dikenakan sebesar Rp 25.000 (anak) dan Rp 50.000 (dewasa). Apabila baru pertama kali datang ke galeri ini, pengunjung bisa meminta untuk ditemani oleh tour guide.

Jika berangkat dari Stasiun Bandung menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi online, butuh waktu sekitar 35menit untuk sampai ke Nu Art Sculpture Park. Bagi yang mencari penginapan di sekitar galeri, pilihlah penginapan yang berada di kawasan Jalan Pasteur atau Sukajadi.

Ditulis Oleh : Nadia Maulidina


Contact us

View other categories