• Beranda
  • Media
  • Berita

Dukung Digitalisasi Teknologi, Politeknik LP3I Bekerjasama dengan Kominfo dalam Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Diposting Oleh : admin
Jumat, 20 Agustus 2021

Pada hari Jumat (13/8) telah diselenggarakan Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital oleh Kominfo bersama Politeknik LP3I yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. 

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan upaya pemerintah untuk menggerakan ekosistem digital di Indonesia. Gerakan ini hadir untuk menginisiasikan perubahan agar bisa terkoneksi. Kominfo sudah berpartner dengan lebih dari 300 penggerak di berbagai sektor, dan sudah melahirkan lebih dari 1200 startup, jadi jika dilihat dari Indonesia sekarang, yang memiliki bonus demografi, dimana populasinya didominasi oleh anak muda yang akan jadi kekuatan ekonomi terbesar. 

Direktur Politeknik LP3I, Ronny Setiawan S.Kom, M.Kom. mendukung program pemerintah dalam melaksanakan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital untuk mempercepat digitalisasi teknologi bagi penggiat wirausaha di Bandung Raya.

“Digitalisasi teknologi ini mutlak harus kita lakukan agar tidak tertinggal. Mudah-mudahan para peserta dapat mengikuti dengan baik dan terinspirasi untuk mengikuti program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.” kata Ronny dalam sambutannya di Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada hari Jum’at (13/8/2021).

Ronny mengapresiasi Gerakan Nasional 1000 Startup yang diinisiasi oleh Kominfo ini.

"Terimakasih kepada kementerian KOMINFO Republik Indonesia yang sudah membuat gerakan Nasional 1000 Startup Digital, mudah-mudahan Politeknik LP3I bisa berkontribusi di program ini.” katanya.

Menurut Ronny, dengan kondisi pandemi semua dipaksa dengan teknologi. “Gerakan ini bisa membangun, menciptakan lapangan kerja lebih banyak lagi. Apalagi dunia digital ini merupakan tantangan paling besar saat ini kedepan untuk menghadapi, mengadaptasikan diri kita untuk digitalisasi. Butuh tenaga dan energi dalam mensukseskan Gerakan Nasional 1000 startup digital.”

Ronny berharap Gerakan ini dapat betul-betul terealisasi melalui pendidikan-pendidikan tinggi di Indonesia. “Mudah mudahan kita bisa bekerjasama dengan kementerian komunikasi dan informasi Indonesia melalui Gerakan Nasional 1000 startup digital ini kita bisa saling bersinergi. Semoga ini bisa bersinergi terus dan betul-betul terealisasi melalui pendidikan-pendidikan tinggi di Indonesia sehingga terwujud pemuda-pemuda kita yang memiliki inovasi di bidang digital”. 

Perwakilan Kominfo, Dama Aji Purusadhikara, menambahkan, Gerakan ini berfokus pada pengembangan ide dan inovasi masyarakat. “Sekarang kita itu dipaksa untuk bertransformasi secara digital secara cepat. Generasi-generasi sekarang sudah mulai terpapar dengan adanya teknologi dan digitalisasi. Oleh karena itu dilihat sebagai potensi dan peluang yang ada untuk bisa meningkatkan digital talent kedepannya. Program ini berfokus pada pengembangan ide dan inovasi masyarakat.”

“Jadi teman-teman yang sekiranya ingin join kegiatan ini tapi belum punya startup sangat tidak apa-apa. Disini modalnya hanya sebuah ide yang kedepannya disini kita akan membantu bersama-sama teman-teman, mentor dan fasilitator yang ada untuk mengembangkan ide menjadi sebuah solusi digital. Seperti bagaimana ide ini bisa di solve oleh teknologi dan digitalisasi” tambahnya. 

Tercatat peserta yang mendaftar 175 orang pada Roadshow Politeknik LP3I dari kampus utama dan PSDKU. Kegiatan diisi dengan Keynote Speaker, M. Ihsan Akhirulsyah sebagai Business Intelligence OY! Indonesia  lalu dilanjut dengan diskusi panel yang dimoderatori oleh Indra Cahyadi, Regional Officer 1000 Startup Digital dengan menghadirkan Heddy Setiawan, S.S., M.Si., Ketua LPPM LP3I yang mewakili akademisi, Angga Nugraha, Founder CRP Group dan Mike Venturi, Country Leader Founders Live Indonesia.

Antusiasme peserta sangat tinggi dilihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul di sesi keynote speaker dan diskusi panel. Para pembicara senang dan berharap dapat membangun kolaborasi lebih lanjut dengan 1000 Startup Digital. “Cant wait for next collaboration” ucap Didin, Public Relation LP3I melalui pesan singkat setelah kegiatan selesai.