• Beranda
  • Media
  • Berita

Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Outbound Kota Bandung

Diposting Oleh : admin
Kamis, 09 September 2021

Dalam rangka pengembangan keparwisataan, pembinaan kemitraan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia pariwisata di Kota Bandung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Outbond.

Tujuan diadakannya Pelatihan Pemandu Wisata Outbound ini  untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan wawasan para pemandu Outbond agar dapat lebih mengetahui dan memahami bagaimana merencanakan dan melaksanakan pemanduan kegiatan wisata outbound, lebih mengetahui dan memahami bagaimana menangani risiko dalam kegiatan, dan lebih berinovasi dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan melalui pengembangan budaya daerah ataupun kearifan lokal.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 7-9 September 2021 di Hotel Crown Plaza Bandung dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang. Sebagian besar peserta adalah pemandu wisata yang tergabung dalam Himpunan Pemandu Wisata Kota Bandung.

Pada kegiatan hari pertama diadakan pretest terlebih dahulu kepada para peserta pelatihan dan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Lalu, pada kegiatan hari kedua diisi pemaparan materi sekaligus praktik lapangan yang dilaksanakan di Taman Ir. H. Juanda. Hari ketiga diisi oleh pemaparan materi yang dilanjutkan dengan diskusi, dan diakhiri dengan post test. 

Materi-materi pada kegiatan ini disampaikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Praktisi Pemandu Wisata dari DPD HPI Jawa Barat, Praktisi Experiental Learning dari DPD AELI Jawa Barat, Akademisi dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STIEPAR YAPARI Bandung), dan Praktisi budaya dari PATRA. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini, para peserta memiliki wawasan dan keterampilan khusus dalam bidang Outbond/Fasilitator Experiental Learning.