• Beranda
  • Media
  • Berita

Kegiatan Pelatihan Digitalisasi: Branding, Pemasaran, dan Penjualan pada Kampung Wisata, Homestay, Kuliner, Souvenir, dan Fotografi

Diposting Oleh : admin
Jumat, 17 September 2021

Dalam rangka pengembangan kepariwisataan, pembinaan kemitraan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia pariwisata di Kota Bandung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Digitalisasi.

Tujuan diadakannya pelatihan digitalisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi pengelola destinasi dan daya tarik wisata agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemasaran pariwisata. 

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 14-16 September 2021 di Hotel Preanger dan The Lodge Maribaya. Terdapat 40 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Peserta terdiri dari pemandu wisata yang tergabung dalam Himpunan Pemandu Wisata Kota Bandung, pengelola kampung wisata, pengelola homestay, dan pelaku kuliner.Pada hari pertama diadakan pretest terlebih dahulu kepada para peserta pelatihan dan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Lalu, pada kegiatan hari kedua diisi pemaparan materi sekaligus praktik lapangan yang dilaksanakan di The Lodge Maribaya. Hari ketiga diisi oleh pemaparan materi yang dilanjutkan dengan diskusi, dan diakhiri dengan post test. 

Materi yang disampaikan pada Pelatihan Digitalisasi ini meliputi pemasaran digital dalam memajukan pariwisata berdaya saing, aman bermedia digital, tahapan pengembangan dan praktek mengukur kinerja pemasaran digital, teknik fotografi untuk promosi digital, penggunaan bahasa yang efektif dalam pemasaran digital, simulasi teknik story telling, content writing, dan literasi digital. Selain itu, disampaikan juga kebijakan dan program pembangunan pariwisata Kota Bandung berbasis teknologi dan informasi. 

Materi-materi tersebut disampaikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dan Ibu Ade Mardiah Hayati, SE., MM.Par beserta akademisi dan praktisi digital dari LPK Ama Institute.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini, para peserta memahami pengetahuan dasar kepariwisataan, tahapan pengembangan pemasaran digital, dan pentingnya fotografi dan bahasa yang efektif dalam pemasaran digital.