• Beranda
  • Wisata
  • Blog Wisata

SEIN Farm Sekemala Bandung

09-02-2021 03:59:43

Berwisata Sambil Berkebun di Pertanian Terpadu SEIN Farm Sekemala Bandung

Belajar berkebun dan betern sambil berwisata, kenapa tidak! Di SEIN Farm atau Sekemala Integrated Farming pengunjung bisa beriwisata edukasi tentang pertanian sambil menikmati keindahan alam Kota Bandung dari Ketinggian.

SEIN Farm menyuguhkan beragam budi daya ikan, hewan ternak serta pertanian yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang program ketahanan pangan di Kota Bandung.

Di SEIN Farm, wisatawan bisa melakukan beragam kegiatan edukatif yang menarik. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati pesona Kota Bandung dari kaki Gunung Mangalayang.

Penasaran seperti apa tempatnya, mari langsung kita cari tau aja yuk. Lets go.

Wisata Pertanian Terpadu Pertama di Kota Bandung

Pemerintah Kota Bandung bersama Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung memilki kawasan wisata pertanian terpadu (integrated farming) yang diresmikan Wali Kota Bandung Oded M Danial pada September 2020.

Kawasan pertanian terpadu Sekemala atau Sekemala Integrated Farming (SEIN Farm) sudah menjadi daya tarik wisata baru di Kota Bandung. SEIN Farm hadir menjadi alternatif wisata edukatif di Kota Bandung tentang pertanian, perkebunan dan peternakan.

Selain konsep kawasan pertanian terpadu, SEIN Farm yang berlokasi di Cisurupan, Cibiru ini juga menarik lantaran lokasinya berada di kawasan Gunung Manglayang yang hijau, asri dan nyaman. Dari SEIN Farm ini, wisawatan bisa memandangi panorama keindahan Kota Bandung dari ketinggian.

Belajar Berkebun dan Beternak

Di SEIN Farm Sekemala Bandung wisatawan bisa belajar bertani sekaligus beternak. Kawasan SEIN Farm Sekemala Bandung ini mengkombinasikan berbagai jenis pangan dalam satu area. Wisatawan bisa belajar bertani dan beternak domba, ayam, kolam lele, hidroponik, akuaponik, dan pesawahan.

Selain itu, disini juga ada pembibitan berbagai jenis tanaman hias dan obat-obatan. Bagi wisatawan yang belajar bertani dan beternak, akan didampingi langsung oleh penyuluh pertanian pihak SEIN Farm Sekemala Bandung.

Bagi pengunjung yang ingin sekalian belajar, dipersilakan mendaftar via online ya. Sementara bagi pengunjung biasa, bisa langsung datang ke lokasi mengikuti jadwal dan aturan. Tidak hanya itu saja, di SEIN Farm Sekemala Bandung akan direncanakan pembangunan Camping Ground di beberapa titik area. Jadi, lengkap banget deh.

Edukasi Urban Farming

Dengan adanya SEIN Farm Bandung, wisatawan bisa belajar memanfaatkan pekarangan atau lahan yang ada dengan berkebun untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri atau biasa dikenal dengan konsep Urban Farming.

Di tempat ini, bisa menjadi wadah edukasi kepada wisatawan program urban farming perikanan, peternakan, pembibitan, perkebunan dan pertanian. Hadirnya urban farming SEIN Farm Sekemala Bandung ini bisa menjadi sarana rekreatif kekinian dengan pesona panorama Kota Bandung dari kaki Gunung Manglayang.

Bagi wisatawan yang berkunjung bisa terlebih dahulu mendaftarkan diri di http://bit.ly/SEINfarm. SEIN Farm sendiri di hari biasa buka dari dari Selasa sampai Minggu 09.00 - 12.00 dan Pukul 14.00 - 16.30 WIB. Sedangkan di akhir pekan buka dari pukul 08.00 - 12.00 dan Pkl. 14.00 - 20.00 WIB.

Wisatawan yang berkunjung ke SEIN Farm tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis. Jadi, tunggu apalagi ayo berkujung ke SEIN Farm Sekemala, berwisata sambil belajar berkebun dan beternak.