• Beranda
  • Media
  • Berita

Perkembangan Aktivasi Coworking Space Kota Bandung

Diposting Oleh : admin
Rabu, 14 Juli 2021

Coworking Space adalah ruang kerja bersama yang menawarkan produk dan aktivitas kreatif serta interaktif yang mengemban dua fungsi utama, yaitu inkubasi bisnis dan peningkatan keterampilan pelaku ekonomi kreatif. Ruang kolaboratif ini termasuk ke dalam Program Prioritas Kepala Daerah Kota Bandung sebagai pusat pemberdayaan ekonomi dan kreatifitas masyarakat. 

Tujuan perancangan Coworking Space yaitu menjadi wadah pengembangan kemandirian dan ketangguhan masyarakat lokal serta mendukung aktivasi penguatan jejaring ekonomi kreatif, termasuk UKM dan komunitas kreatif dalam menjalankan aktifitasnya terkait EKRAF, ketahanan pangan, dan pemberdayaan masyarakat.

Program aktivasi Coworking Space sudah berjalan sejak Maret 2021 yang dilakukan secara daring dan luring. Lokasi aktivasi Coworking Space yang sudah berjalan saat ini, yaitu Kecamatan Cidadap, Kecamatan Coblong, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kecamatan Lengkong, Kecamatan Batununggal, Kecamatan Arcamanik, Kecamatan Mandalajati, Kecamatan Antapani, Kecamatan Ujungberung, Kecamatan Cibiru, Kecamatan Rancasari, Kecamatan Gedebage, Kecamatan Sumur Bandung, Kecamatan Bandung Wetan, Kecamatan Andir, Kecamatan Bandung Kulon, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kecamatan Astana Anyar, Kecamatan Buah Batu.

Program aktivasi Coworking Space Kota Bandung sudah melalui tiga tahapan. Tahapan pertama adalah pembentukan pengurus Coworking Space. Pengurus Coworking Space diharapkan terdiri dari individu-individu yang memiliki integritas yang baik, yang memiliki motivasi dasar bukan sekadar untuk eksistensi atau kepentingan pribadi melainkan berorientasi pada kemajuan bersama. Seberapa besar dampak dan manfaat yang dihadirkan dengan adanya Coworking Space bagi warga di tiap kecamatan tergantung pada masing-masing pengurusnya. Oleh karenanya pengurus memegang peranan penting utamanya terkait kepekaan untuk menangkap potensi, kebutuhan hingga tantangan di tiap wilayah serta menghadirkan program atau kegiatan berkelanjutan. 

Lalu, tahapan kedua ialah merumuskan tujuan dan visi organisasi/usaha untuk. Tahapan ini dilakukan untuk memastikan keberhasilan organisasi/usaha sesuai dengan tujuan yang telah disepakati, memastikan jalannnya organisasi/usaha tidak keluar dari tujuan semula, dan memastikan kreatifitas dapat terjadi melalui inisiatif. 

Selanjutnya, pada tahap ketiga adalah merancang produk yang disukai konsumen. Tahapan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan kemampuan pengurus Coworking Space dalam berinovasi dengan pendekatan design thinking, mencari solusi berlandaskan human centered design, merancang produk yang disukai konsumen, serta memahami konsumen dan produk pesaing untuk membentuk Value Proposition.

Tahap keempat adalah membangun kemitraan untuk mengembangkan bisnis. Pada tahap ini, pengurus Coworking Space diberikan materi untuk memahami makna kemitraan, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun kemitraan, jenis–jenis kemitraan bisnis, konsep kemitraan kolaborasi pentahelix, dan kemampuan membangun hubungan kemitraan dengan cara berpikir yang baik

Kedepannya, kegiatan pemberian materi masih akan terus dilaksanakan untuk mendukung Program aktivasi Coworking Space.