• Beranda
  • Media
  • Berita

Bandung Design Biennale Kembali Hadir dengan Tema "EXCAVATE: Mapping The Commons Across The Spectrum"

Diposting Oleh : admin
Sabtu, 31 Juli 2021

Pada hari Minggu (31/07), telah dilaksanakan Presentasi Publik Online mengenai tema utama Bandung Design Biennale (BDB) tahun 2021. Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom, dan dapat disaksikan melalui streaming dari Youtube Channel Bandung Design Biennale.

Bandung Design Biennale (BDB) merupakan festival yang diadakan setiap 2 tahun. Pada tahun ini, Bandung Design Biennale (BDB) 2021 mengusung tema "Excavate: Mapping The Commons Across The Spectrum (Pemetaan Umum di Seluruh Spektrum)", yang bermaksud untuk melengkapi serta menumbuhkan kembali panorama domestik dari ruang lingkup desain dengan memetakan ragam pelaku melalui penggalian gagasan/pemikiran, objek, serta praktik sebagai bentuk keberagaman nilai.

Tujuan Bandung Design Biennale (BDB) 2021 yaitu untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana eksplorasi kreatif yang dapat dilakukan di luar bentuk pameran konvensional, dan bagaimana eksperimen terbuka serta pertanyaan kritis yang menyentuh ekonomi, lingkungan, masyarakat, dan budaya dapat menjadi langkah awal bagi kita semua untuk untuk menemukan alternatif jawaban baru.

Oleh karena itu, Bandung Design Biennale (BDB) 2021 mengajak seluruh pelaku maupun publik secara umum untuk menyampaikan segala bentuk gagasan, objek, dan praktik, sebagai respon terhadap tema umum dalam bentuk showcase (pameran, instalasi, dll) maupun discourse (seminar, diskusi, dll), atau turut serta berkontribusi dalam proses pemetaan melalui submission berupa arsip publik (artefak/dokumentasi teks maupun foto) dari gagasan, objek, dan praktik dalam ekosistem kreatif Kota Bandung.

Open submission dilakukan mulai dari 1 Agustus hingga 27 Agustus 2021 melalui website resmi Bandung Design Biennale www.bandungdesignbiennale.com, dan program BDB 2021 akan diumumkan pada 7 September 2021. Sedangkan kegiatan utamanya akan dilaksanakan pada 1 November - 30 November 2021.

Bandung Design Biennale (BDB) 2021 dikuratori oleh Prananda L. Malasan (Design Science Researcher), Krishnamurti Suparka (Interdisciplinary Practitioner), dan Herry Sutresna (Designer).