• Beranda
  • Media
  • Berita

Launching Bandung Calendar of Event 2022

Diposting Oleh : admin
Kamis, 25 Nopember 2021

Pada hari Rabu (24/11) telah diselenggarakan peluncuran Bandung Calendar of Event (COE) Tahun 2022 di éL Hotel Royale Bandung. Acara ini juga diselenggarakan secara hybrid, sehingga dapat disaksikan melalui akun media sosial resmi milik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung yakni Youtube This is Bandung.

Bandung Calendar of Event (COE) merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung untuk menghadirkan event-event yang akan diselenggarakan di Kota Bandung selama satu tahun ke depan. Tema yang diangkat Bandung Calendar of Event  pada tahun 2022 yaitu "Smart & Innovative".

Tujuan diadakannya peluncuran Bandung Calendar of Event yaitu untuk mempromosikan dan mendatangkan wisatawan ke Kota Bandung. Selain itu juga, untuk menarik wisatawan melalui destinasi wisata event-nya. 

Melalui Bandung Calendar of Event, Kota Bandung pernah mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif karena selama 3 (tiga) tahun berturut-turut sebelum adanya pandemi Covid-19, Kota Bandung selalu meluncurkan Calendar of Event-nya lebih awal dari kota-kota lainnya di Indonesia. 

Setelah melakukan pendataan terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), komunitas-komunitas dan asosiasi-asosiasi, sampai saat ini tercatat ada 78 event yang akan diselenggarakan pada tahun 2022. Berdasarkan hasil kurasi, terdapat 10 event utama di antaranya yaitu: Bandung Kota Angklung, Keuken Bandung, Bandung Independent Film Fest, Bandung Run 2022, Bandung Photography Month, IPSM (International Photography & Short Movie) Festival, Ganesha Film Festival, Hari Tari Sedunia, Absolute Drumfest, dan World Music Contest "SORA III" Journey of Life. Event-event yang akan diselenggarakan ini tentunya akan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini, seperti menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menyelenggarakannya secara hybrid. 

Acara peluncuran Bandung Calender of Event Tahun 2022 dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ketua ASITA Jawa Barat, General Manager Angkasa Pura II, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung, serta mitra Budaya, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bandung dari berbagai unsur pentahelix, baik dari pemerintah, bisnis atau swasta, komunitas atau masyarakat, media dan akademisi. Acara ini juga turut dimeriahkan oleh Rida Sita Dewi.

Diharapkan dengan adanya Bandung Calendar of Event dapat membantu memulihkan perekonomian Kota Bandung, khususnya disektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Semoga acara-acara yang diselenggarakan di tahun mendatang dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan harapan dan rencana.