• Beranda
  • Media
  • Berita

Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Pariwisata

Diposting Oleh : admin
Minggu, 14 Agustus 2022

Dalam rangka pengembangan kepariwisataan, pembinaan kemitraan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta realisasi pelaksanaan kegiatan usulan musrenbang tahun 2021 dari Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan pelatihan “Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Wilayah Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung.
 

Kecamatan Bojongloa Kidul merupakan wilayah di Kota Bandung yang memiliki potensi kriya pembuatan sepatu kulit. Potensi ini pernah menjadi ikon besar di Kota Bandung dan saat ini perlu semakin dikembangkan terutama melalui tata Kelola destinasi pariwisata.

Jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari 35 orang warga wilayah Kecamatan Bojongloa Kidul dan 5 orang perwakilan wilayah lainnya. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan selama 4 (empat) hari, mulai dari tanggal 09 hingga 12 Agustus 2022. Dalam penyelenggaraan pelatihan ini terdapat 3 metode yang digunakan, yaitu penyampaian materi, kegiatan benchmarking atau outing class, dan kegiatan pendampingan. Kegiatan pemberian materi dilaksanakan di Grand Pasundan Hotel pada tanggal 9 dan 10 Agustus 2022. Sedangkan, kegiatan benchmarking atau outing class dilaksanakan di Kampung Kreatif Sukaruas, Kabupaten Tasikmalaya pada tanggal 11 dan 12 Agustus 2022. Kampung Kreatif Sukaruas merupakan salah satu destinasi wisata kriya anyaman dan sentra kulit Sukaregang Kota Garut.
 

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini yaitu: Kebijakan Pembangunan Pariwisata di Kota Bandung, Tata Kelola Destinasi Wisata dan Latihan Asesmen Mandiri, Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona, Pelayanan Prima, Manajemen Konflik, dan Komunikasi Hospitality, Protokol Kesehatan & CHSE Destinasi Wisata, Pemasaran Destinasi Wisata, Standa Tata Kelola Homestay, Pengembangan Produk Berbasis Potensi Lokal, Kewirausahaan di Kampung Wisata, Pemasaran Digital, Penyusunan Paket Wisata, serta Diskusi dan Membuat Konsep Kegiatan Bersama. Sedangkan narasumber yang menyampaikan materi pelatihan tersebut adalah Dinas Kebudayaa dan Pariwisata Kota Bandung, Akademisi dari STIEPAR YAPARI Kota Bandung, Akademisi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan praktisi kriya.
 

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan geliat pariwisata di Kota Bandung, khususnya di wilayah Kecamatan Bojongloa Kidul.