Kota Bandung

Aspek Geografi dan Demografi

Bandung adalah kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Terletak sekitar 150 kilometer sebelah tenggara Jakarta, Kota Bandung berada di antara 107° 36’ Bujur Timur dan 06° 55’ Lintang Selatan. Kota Bandung juga merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa Bagian Selatan.

Dengan luas wilayah 167,29 km², jumlah penduduk Kota Bandung pada tahun 2017 yaitu sebanyak 2.497.938 jiwa (BPS Kota Bandung). Dari tahun 2012-2017 rata-rata pertumbuhan penduduk adalah 0,47%. Tingkat pertumbuhan tersebut relatif menurun bila dibandingkan rata-rata tahun 2007-2012 sebesar 1,06%.

Dilihat dari topografinya, Bandung yang merupakan suatu cekungan rata-rata berada pada ketinggian 791 meter di atas permukaan bagian utara umumnya berada pada posisi yang lebih tinggi ketimbang bagian selatan. Ketinggian di sebelah utara sekitar 1.050 dpl, sedangkan di bagian selatan sekitar 675 dpl.

Iklim Kota Bandung dipengaruhi oleh iklim pegunungan di sekitarnya. Namun, pada beberapa tahun terakhir, Kota Bandung mengalami peningkatan suhu serta musim hujan yang lebih lama dari biasanya. Secara alamiah, Kota Bandung tergolong daerah yang cukup sejuk. Selama tahun 2011 tercatat suhu tertinggi di Kota Bandung mencapai 30,4°C yang terjadi di bulan September dan Oktober.

Secara geografis Kota Bandung berada di tengah-tengah Provinsi Jawa Barat dan punya banyak nilai strategis terhadap daerah-daerah sekitarnya. Pada tahun 2007-2011, kontribusi ekonomi Kota Bandung di Jawa Barat mencapai rata-rata 11,6%. Dalam struktur ekonomi Kota Bandung antara tahun 2008-2012, kontribusi terbesar berasal dari perdagangan, hotel dan restoran, yaitu mencapai rata-rata 40,9%.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung

Profil Disbudpar

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung merupakan salah satu Perangkat Daerah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam bidang kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif. Kedudukan dinas tersebut merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan yang menyelenggarakan bidang kebudayaan dan bidang pariwisata yang diatur dalam Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 08 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bandung.

Rincian mengenai susunan organisasi, tugas pokok dan fungsi perangkat daerah tersebut diuraikan dalam Peraturan Walikota Bandung Nomor 1398 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Tugas Pokok dan Fungsi Perangkat Daerah Berdasarkan Peraturan Walikota Bandung Nomor 1398 Tahun 2016

Perangkat Daerah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mempunyai tugas pokok yaitu menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kebudayaan dan bidang pariwisata berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Perumusan kebijakan teknis bidang kebudayaan dan pariwisata;

2. Penyelenggaraan sebagian urusan pemerintah dan pelayanan umum di bidang kebudayaan dan pariwisata;

3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kebudayaan dan pariwista yang meliputi kebudayaan dan kesenian, srana wisata, objek wisata dan pemasaran wisata;

4. Pelaksanaan pelayanan teknis ketatausahaan Dinas;

5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.